Thursday, October 15, 2009

Hargailah tiap jam hidupmu

Kemarin, aku bertemu sama salah satu anggota komunitas yang kuceritakan sebelumnya... Kita sudah tidak bertemu beberapa tahun. Melepas kangen sambil cerita perkembangan2...
Ternyata banyak hal terjadi... Dan bagiku, bukan bertambah baik, tapi kok tambah semrawut...oh Tuhan, sungguh sedih hatiku...
Sungguh prihatin aku...
Tuhan memang adil dan hanya Dia pembelaku...
Semua tuduhan yang dulu dituduhkan kepadaku, malah berbalik ke mereka.
Istilah orang jawa kalau bilang 'mangan muntahane dewe'...
Aku tidak mau menghakimi, TIDAK !!! Penilaian biarlah datangnya dari Tuhan.
Ya!!! Aku mengasihi mereka, ingin aku mengulang hari hari dulu dimana kami berkumpul dan berbagi tawa bersama.
Semua sudah berubah... Semua sudah tidak seperti dulu lagi...
Lalu saat aku memikirkan hal itu, tiba2 aku mendapat sebuah cerita dari temanku. Aku membacanya dan menangis...
Memang... Hidup ini, tidaklah lebih berarti di hadapan Tuhan selain kita menjadi berkat bagi orang lain.
Sahabatku, lakukanlah hal yang sederhana, paling sederhana diantara semua hukumNya...
"Kasihilah Tuhan, Allahmu dengan segenap hatimu, kekuatanmu, dan akal budimu, dan kasihilah sesamamu seperti kamu mengasihiKu" kata Tuhan.
Kalau kamu hanya melakukan salah satu dari itu, maka itu tidaklah sempurna.
Tuhan kita adalah Tuhan yang sempurna, dan Dia mutlak pada hukumNya.
Memang roh penurut tapi daging lemah...cobalah saudaraku...
Kalau kamu belum bisa, cobalah terus...

Inilah cerita yang aku katakan tadi, semoga boleh menjadi berkat:
Seorang anak bertanya pd ayahnya, “Apa kita bisa hidup tdk berdosa seumur hidup kita?”. Ayahnya menjawab “Tidak”. Anak ini kemudian berkata 
“Oh ayah, kalau 1bulan, apakah kita bs hidup tanpa berdosa?” Ayahnya kembali menggelengkan kepala, sambil trsenyum.
“Oke ayah, ini yg terakhir, apakah kita bs hidup tdk berdosa dlm 1jam saja?”. Akhirnya ayahnya mengangguk, "Kemungkinan besar bisa dan kasih Tuhan lah yg akan memampukan  kita u/ hidup benar". Anak ini tersenyum lega. "Jika demikian, aku akan hidup benar dr jam ke jam. Lebih mudah menjalaninya, dan aku akan menjaganya dr jam ke jam, sehingga aku dpt hidup dg benar"

Marilah kita hidup dr waktu ke waktu, dg memperhatikan cara kita menjalani hidup ini. Dari latihan yg paling kecil dan sederhana akan menjadikan kita trbiasa,apa yg sudah biasa kita lakukan akan menjadi sifat,dan sifat akan berubah jadi karakter, karakter akan menjadi tujuan hidupmu..

Hiduplah 1 jam TANPA: 
kemarahan, hati yang jahat, pikiran negatif, 
menjelekkan orang, 
keserakahan, pemborosan, kesombongan, kebohongan, kepalsuan...lalu ulangi lagi u/ 1jam berikutnya..

Hiduplah 1 jam DENGAN:  kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kelemahlembutan, kemurahan hati, kerendahan hati, penguasaan diri...dan ulangilah lagi u/ 1 jam berikutnya..

Jalanilah kehidupan yg berkenan pd Tuhan, dg menjalaninya dr waktu ke waktu, dr 1 jam ke jam berikutnya..

Have a blessed day !

Aku mengasihimu, sahabatku!

No comments:

Post a Comment